4 Tips untuk Menghindari dan Mengatasi Bau Mulut

Articles
/
4 Tips untuk Menghindari dan Mengatasi Bau Mulut

Pernahkah kamu mengobrol bersama teman yang berbau mulut? Memiliki napas dengan bau yang tidak sedap tak hanya bisa membuat malu tapi juga bisa berdampak pada kehidupan sosial sehari-hari. Untungnya, mengatasi bau mulut ternyata sangat mudah, loh!

Apa Penyebab Bau Mulut?

Bau mulut sebagian besar disebabkan oleh bakteri penghasil bau pada permukaan gigi dan lidah. Setelah makan dan minum, bakteri di mulut akan memecah partikel makanan dan menyebabkan bau yang tidak sedap. Beberapa faktor umum dan penyebab bau mulut adalah sebagai berikut:

Kebersihan gigi yang buruk

Mengkonsumsi makanan dan minuman dengan rasa yang kuat

Mulut kering

Penyakit mulut seperti penyakit gusi dan kerusakan gigi

Merokok

Bagaimana Cara Agar Tidak Bau Mulut?

Bau mulut atau napas bau adalah masalah kesehatan mulut yang umum dan dapat dicegah dengan langkah yang mudah. Jadi, bagaimana cara agar mulut tidak berbau? Ikuti 4 tips agar tidak bau mulut di bawah ini, yuk!

1. Jaga kebersihan mulut dengan baik

Salah satu cara yang efektif untuk mencegah bau mulut adalah dengan menjaga kebersihan mulut dengan baik. Disarankan untuk menyikat dan membersihkan gigi secara teratur. Penggunaan pasta gigi yang membuat napas segar juga dapat membantu membersihkan gigi secara menyeluruh sekaligus memberikan napas segar tahan lama. Dengan kandungan esensi spearmint dan peppermint alami, pasta gigi Darlie Double Action memberikan sensasi dingin yang menjaga napasmu tetap segar.

Selain itu, membersihkan lidah juga harus dimasukkan dalam rutinitas perawatan mulut harianmu. Membersihkan lidah dengan sikat gigi berbulu lembut atau alat pembersih lidah dapat membantu mencegah bakteri penghasil bau menumpuk di lidah.

2. Terapkan pola makan yang sehat

Jika kamu ingin mengatasi bau mulut, makanlah lebih banyak biji-bijian sehat, buah-buahan segar, sayuran, dan yogurt untuk menjaga usus atau sistem pencernaanmu tetap sehat.

Minum air yang cukup juga dapat menjaga kelembapan mulut dan meningkatkan produksi air liur yang membantu mengurangi bakteri yang tidak diinginkan di mulut.

3. Berhenti Merokok

Merokok tidak hanya menyebabkan bau mulut tetapi juga memicu noda pada gigi dan meningkatkan risiko masalah kesehatan. Berhenti merokok dapat menghilangkan bau tidak sedap dari mulutmu, meningkatkan kesehatan mulut, serta kualitas hidup.

4. Kunjungan rutin pemeriksaan ke dokter gigi

Disarankan untuk mengunjungi dokter gigi secara teratur untuk memeriksakan gigi, agar dokter gigi dapat mengetahui potensi penyebab bau mulut hingga memberi tahu cara menghilangkan bau mulut yang tepat.

Bagaimana Cara Cepat Mengobati Bau Mulut dengan Instan?

Bayangkan kamu sedang ada pertemuan penting atau kencan bersama si dia, apa yang harus kamu lakukan untuk mengobati bau mulut dengan cepat? Berikut beberapa tips khusus untukmu!

1. Minum Air

Minum air putih dapat menjaga mulutmu tetap terhidrasi dan memperbaiki napas yang bau. Berbagai bakteri penyebab bau mulut akan tumbuh dalam mulut jika mulutmu kering dan kekurangan air liur. Oleh karena itu, memperbanyak minum air putih dapat meredakan mulut kering dan mengobati bau mulut.

2. Makan permen karet

Mengunyah permen karet membantu meningkatkan produksi air liur. Permen karet yang mengandung mint bisa langsung menutupi bau mulut.

3. Bilas mulut dengan obat kumur

Membilas mulut dengan obat kumur dapat membantu membunuh bakteri, membersihkan partikel makanan di mulut, dan menyegarkan napas secara instan.

4. Makan Buah dan Sayur

Buah dan sayuran yang kaya serat seperti apel dan wortel dapat berperan sebagai sikat gigi alami, menjauhkan bakteri yang tidak diinginkan dari permukaan gigi dan lidahmu. Selain itu, makan makanan renyah juga dapat merangsang aliran air liur, yang membantu menghilangkan partikel makanan dan bakteri di mulut.